Download

Pages

Senin, 04 Februari 2013

Cara Install Linux Ubuntu dengan WUBI


Cara Install Linux Ubuntu dengan WUBI Saat ini menjadi gaung Operating System yang berbasis pada Linux semakin luas. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya OS Linux yang dibuat oleh anak bangsa Indonesia seperti BlankON, Sundara, IGOS, dan lainnya. Pada dasarnya distro Linux buatan anak negeri ini, dibasiskan pada distro Linux Ubuntu. Karena tidak salah nya juga bagi pemula untuk mencoba melakukan instalasi menggunakan Linux Ubuntu.

Sering kali para pemula merasa takut untuk melakukan instalasi Linux, karena banyaknya mitos–mitos yang menyebutkan bahwa install Linux itu sulit. Tetapi hal ini menjadi dorongan bagi Ubuntu untuk membuat cara instalasi Linux yang lebih mudh bagi para pemula, hal ini melahirkan Linux Ubuntu Installer. Atau yang lebih dikenal dengan WUBI. Cara install Linux Ubuntu dengan WUBI cukup mudah dan sederhana.
Dengan begitu bagi para pemula tidak perlu takut untuk melakukan instalasi Ubuntu di PC atau notebook mereka meskipun mereka sudah memiliki Windows, dan tidak perlu khawatir karena secara otomatis Ubuntu akan menyetting nya menjadi dual boot. Dengan begitu kita tidak perlu khawatir windows kita hilang atau terhapus.
Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menyediakan koneksi internet, koneksi internet bisa menggunakan dial up, ASDL , bisa juga menggunakan modem internet. Setelah itu lakukan download WUBI. Setelah itu pilih jenis Ubuntu mana yang akan di install, karena secara otomatis Ubuntu akan men-download dan melakukan instalasi sesuai dengan jnis dan versi Ubuntu yang kita pilih. Setelah Anda mendapatkan installernya, kita cukup mengikuti langkah–langkah yang diberikan oleh Ubuntu. Hal ini juga menjadi kelebihan dari Ubuntu, panduan mereka yang mudah dan bisa dimengerti meskipun oleh pemula sekalipun:
  • Setelah Save File dari installer, double click file yang sudah di-download.
  • Jika muncul pesan Permisiion Needed, klik continue untuk melanjutkan instalasi.
  • Lalu pilih Drive mana yang akan di-install Ubuntu, jumlah kapasitas yang akan di install, jenis Ubuntu yang dipilih dan terakhir jangan lupa mengisi username dan password. Perhatikan pula *password *yang kita isi harus sama.
  • Setelah selesai mengisi semua dan memperhatikannya dengan benar. Klik install untuk melanjutkan proses instalasi.
  • Setelah itu Ubuntu akan melakukan proses downloading dan instalasi. Besaran ukuran file kira–kira 500Mb lebih. Selama kita menunggu proses downloading kita masih bisa menggunakan PC atau Notebook kita untuk melakukan kegiatan lainnya.
  • Setelah selesai proses downloading dan instalasi, Ubuntu akan meminta untuk melakukan Reboot. Klik pilihan Reboot.
  • Setelah Reboot, kita dihadapkan pada 2 pilihan Dual Boot, satu Windows milik kita, dan satu lagi Ubuntu yang telah selseai kita instalasi. Pilih Boot dengan Ubuntu , untuk melihat hasil instalasi Ubuntu kita.
  • Selamat Mencoba!.
Biasanya kita akan menghadapi beberapa error dalam proses ini, mungkin bagi Anda yg akan melakukan proses sini sebaiknya selalu mengecek ketersediann koneksi internet karena akan mempengaruhi proses instalasi.
Selain ada beberapa masalah yang sering di hadapai oleh para pemula dalam proses instalasi Linux Ubuntu.
  • Permission Denied: for More Details See the Log File, untuk memecahkan masalah ini coba cek koneksi internet jika tidak ada masalah, mungkin Anda bisa mengecek ke administrator di jaringan yang kita pakai, karena WUBI (windows Ubuntu Installer) menggunakan bittorent client untuk mendowload ISO Ubuntu, dan kita harus mengcek apakah pyrun.exe kita jalan dengan baik, atau kah pyrun.exe meminta permission denied dari firewall jaringan yang kita pakai. Kalau terjadi seperti ini lebih baik untuk mendownload ISO Ubuntu secara langsung atau meminta permission ke admin jaringan.
  • Komputer mengalami hang saat proses Instalasi Linux Ubuntu, mungkin di awal proses instalasi tidak terjadi banyak masalah saat kita berbarengan menggunakan komputer. Lalu beberapa saat kemudian ,komputer kita mengalami kelambatan dan seterusnya menjadi freeze. Mungkin hal ini terjadi karena Disk di boot Windows tidak mencukupi, karena itu proses swap dari Ubuntu tidak bisa dilakukan. Untuk memecahkan masalah ini, coba untuk memindahkan drive proses instalasi, mengubah ukuran file instalasi wubi, selengkapnya bisa di baca di sini.
  • How to I See File From Windows Boot, Bagaiman cara saya melihat file yang berada di windows. Kita bisa melihat file windows kita di /host (Places>Computer>File System>Host) partisi windows akan berada dibawah Places> Removable Media.
Dengan hadirnya wubi ini cara install Linux Ubuntu menjadi lebih mudah dan nyaman bagi para pemula yang ingin mencoba menggunakan OS selain Windows. [GAN]

0 komentar:

Posting Komentar